Tuesday, 2 March 2021 Salam Pramuka!!

National Scout Gathering Pramuka ITS

Pemuda-pemudi itu tampak gagah dengan seragam rapi. Mereka bukan polisi atau pun tentara, bukan pula Satuan Keamanan Kampus. Kakak – kakak (sapaan khas pramuka-red) Pramuka Pandega dari 30 perguruan tinggi di Indonesia itu berkumpul di ITS guna membahas dunia kepramukaan lingkup perguruan tinggi, Sabtu (16/11).

Mengangkat tema Pandega Bergerak dan Bersinergi Menuju Indonesia Berkarakter dan Bermartabat, Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka ITS menginisiasi forum antar UKM Pramuka se-Indonesia. Dalam gelaran National Scout Gathering (NSG) yang diselenggarakan mulai Jumat (13/11) ini turut hadir Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof Dr Azrul Azwar MPH dan perwakilan Kasi Organisasi Kemahasiswaan Dirjen Dikti, Syahrir Cangrago.

nsg-2013

Dalam presentasinya, Syahrir mengajak seluruh elemen pemuda untuk turut mencerdaskan bangsa melalui pramuka. Sementara itu, Azrul menyampaikan pesannya kepada para pandega yang hadir untuk terus memperbaiki kualitas diri. ”Pemuda Indonesia harus anti tawuran, anti korupsi, karena kalian lah yang akan meneruskan kami,” harapnya.

Ditemui di sela-sela acara, Muhammad Lutfi Baihaqi, ketua UKM Pramuka ITS mengatakan acara ini bertujuan menghimpun aspirasi dari anggota pramuka pandega agar pola pembinaan keduanya dibedakan. ”Kami berharap dari sini muncul aspirasi melalui kegiatan diskusi, karena selama ini pola pembinaannya sama, sehingga kurang relevan” ujarnya.

Lutfi menambahkan acara ini sangat berhubungan dengan implementasi pramuka sebagai kurikulum wajib 2013 untuk sekolah dasar. ”Di dalamnya akan dibahas arah gerakan pramuka di perguruan tinggi dalam implementasi kurikulum 2013. Di manakah pramuka akan berperan.”, ujar mahasiswa Teknik Kelautan Angkatan 2011 itu.

Acara ini mendapat apresiasi yang baik dari para peserta. Sebab, ITS mampu menginisiasi gerakan perkumpulan untuk para anggota pramuka pandega di seluruh Indonesia. ”Acara ini sangat baik, karena saya bisa saling bertukar pikiran dengan anggota pramuka pandega lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia” tutur Muhammad Khoirur Rohman, Mahasiswa Teknik Lingkungan Angkatan 2012. (m12/ran)

|ITS Net : https://www.its.ac.id/berita/12757/id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.